Menu

Gili Trawangan, Pesona Panorama Pulau Lombok yang Eksotis

By. Infohotelmurah.com |

Gili Trawangan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di sebelah barat Pulau Lombok. Pulau yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara. Namun, akhir-akhir ini bukan hanya wisatawan dari luar saja yang berdatangan, para wisatawan domestik juga sudah mulai banyak yang mengunjunginya. Pulau yang berkabupaten di Lombok Barat ini menyimpan pesona alam yang cantik nan eksotis. Trawangan memiliki berbagai hal menarik yang membuatnya patut untuk dikunjungi.

Gili Trawangan, Pesona Panorama Pulau Lombok yang Eksotis

Pesona Alam Gili Trawangan Lombok NTB

Adapun pesona Alam Gili Trawangan Lombok NTB yang membuat wisatawan ingin mengunjunginya diantaranya:

1. Keindahan alam bawah laut
Ada tiga pulau kecil atau Gili yang menjadi andalan tempat wisata di Lombok, yaitu Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan. Akan tetapi, Gili Trawanganlah yang lebih populer di kalangan wisatawan. Salah satu hal yang membuat pulau kecil ini begitu populer adalah kecantikan dari lautnya. Air laut GiliTrawangan bergradasi warna biru kehijauan. Ditambah lagi, airnya begitu jernih. Kejernihan dan kebersihan pantainya menyejukkan mata.

Bukan hanya itu, airnya yang begitu bening membuat para pengunjung dapat melihat pesona alam bawah lautnya. Para pengunjung dapat melihat berbagai ragam ikan beserta aneka terumbu karangnya tanpa harus menyelam. Pemandangan bawah lautnya yang menakjubkan dan arus airnya yang tenang, membuat siapapun dapat berenang dengan santai sambil menikmati keindahan alam yang disajikan.

2. Pantai Trawangan yang bersih
Melihat potensi besar yang dimiliki oleh Gili Trawangan, masyarakat setempat dan pemerintah daerah rupanya benar-benar memaksimalkan sarana dan prasarana dari pulau ini. Hal itu dapat dilihat dari bagaimana para pengelola tempat wisata ini menjaga kebersihan lingkungan.

Begitu pula dengan para turis yang turut serta tertib menjaga kebersihan pantai ini. Semua pihak mempunyai kesadaran, bahwa keindahan dan kebersihan pantai yang mereka cintai adalah tanggungjawab bersama.

3. Bebas polusi udara
Bila Anda berkunjung ke Gili Trawangan, maka Anda dapat menghirup udara segar dan bersih. Bukan hanya soal kedisiplinan dalam kebersihan saja yang diterapkan di sana, melainkan juga masalah udara yang bebas polusi. Pemerintah setempat telah membuat kebijakan bahwa kendaraan beroda dua tidak boleh berlalu lalang di jalanan.

Sebagai alat transportasi pengganti, di sana di sediakan Cidomo atau kereta kuda dan sepeda. Ucapkanlah selamat tinggal pada asap motor dan suara bisingnya jika kaki Anda telah menjejak di pulau ini.

4. Melihat Sunset dan Sunrise
Mengawali pagi bersamaan dengan terbitnya matahari tentu akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Melihat matahari yang seolah bangun dari peraduannya dari dasar laut dan menikmati sinar kekuningannya adalah hal yang tidak boleh terlewatkan. Dijamin aktivitas Anda dalam seharian akan menjadi berkualitas setelah menikmati pemandangan sunrise di Gili Trawangan.

Bukan hanya itu saja, pantai di pulau kecil ini juga menawarkan pemandangan sunset. Di kala santai Anda bisa menikmati semburat langit senja bersamaan dengan mengantar terbenamnya matahari.

#. Pesta Ria di Gili Trawangan

Keramaian malam di Central sangat sayang untuk dilewatkan. Setelah menikmati matahari terbenam, tidak perlu bergegas pergi kembali ke tempat penginapan. Sebab, tanda kehidupan malam di Central akan segera dimulai. Central adalah pasar seni yang terletak di jalan besar. Di sepanjang jalannya, terdapat berbagai toko dan bar yang mulai buka ketika hari sudah senja. Ketika jam sudah menunjuk pukul 21.00 Wita, Gili Trawangan akan disulap menjadi tempat wisata yang dipenuhi dengan orang berpesta dan dentuman musik.

Terkait :  3 Tempat Wisata Pulau Bintan Dengan Panorama Yang Menawan

Selain itu, keramahan penduduk Gili Trawangan membuat setiap pengunjung betah berlama-lama di sana. Di tempat ini, dengan mudah Anda akan merasa sudah menjadi bagian dari masyarakatnya. Jika ada kesempatan luang, cobalah berkeliling desa dengan berjalan kaki, maka dengan ramah penduduk di sana akan menyapa Anda. Di pulau ini pula, setiap turis dapat merasa aman bepergian tanpa khawatir tersesat, sebab masyarakat setempat akan dengan senang hati membantu turis tersesat untuk kembali menemukan jalan pulang.

Keindahan tempatnya nan eksotis, lingkungannya yang bersih ditambah dengan keramahan penduduk membuat siapapun akan sangat senang ketika berkunjung ke sana. Selain itu, tempat wisata yang berbentuk pulau kecil ini membuat setiap pengunjungnya seperti merasakan liburan yang lebih privat. Di Gili Trawangan, semua orang seperti dibuat sedang berada di surga dunia. Jika Anda ingin berlibur ke pulau ini, ada beberapa transportasi yang bisa dijadikan pilihan.

#. Cara Menuju Gili Trawangan Lewat Agen Travel

Jika Anda berangkat dari Kabupaten Lombok Barat tepatnya dari Pantai Senggigi atau Mangsit, Anda dapat menggunakan jasa transportasi yang ditawarkan oleh agen travel. Melalui agen travel, segala urusan perjalanan akan ditanggung. Anda tinggal duduk nyaman menikmati panorama indah di sepanjang jalanan menuju Gili Trawangan. Biasanya sesampainya di Teluk Kodek, para penumpang akan dipindahkan untuk menaiki kapal berkapasitas 12 orang. Kapal inilah yang akan menyebarangi lautan untuk mencapai ke Trawangan. Keuntungan menggunakan agen travel adalah keefisienan waktu, tetapi untuk itu Anda harus rela mengeluarkan uang berlebih. Sebab, biaya untuk agen travel memang lebih mahal daripada transportasi umum.

Jika Anda ingin lebih menikmati sensasi perjalanan menuju Trawangan, Anda dapat memilih menggunakan transportasi umum. Apabila titik pemberangkatan berasal dari Mataram atau Senggigi, Anda harus bergerak menuju Pelabuhan Bangsal. Kendaraan yang bisa dinaiki adalah angkutan umum atau taksi. Namun, demi penghematan sebaiknya gunakanlah angkutan umum. Angkutan umum yang biasa disebut engkel oleh penduduk setempat dapat di temukan di Cabang 4 Pasar Rembiga, yang letaknya berdekatan dengan bekas Bandara Selaparang. Nanti, turunlah di pertigaan Pelabuhan Bangsal. Sesampainya di pertigaan, untuk mencapai pelabuhan, Anda bisa berjalan kaki atau naik Cidomo.

Lalu, belilah tiket untuk menyeberang ke Trawangan. Waktu tempuh kapal sekitar 2-2,5 jam. Perjalanan yang tidak terlalu lama sebenarnya. Hanya saja, yang membuat lama biasanya adalah waktu untuk menunggu keberangkatan kapal, sebab kapal akan berlayar jika penumpangnya sudah penuh. Perlu diperhatikan pula, jangan sampai terlalu sore untuk sampai di pelabuhan ini. Sebab, kapal hanya beroperasi sampai jam 17.00 WITA. Jadi sebaiknya, sebelum pukul 16.00 Wita Anda sudah berada di pelabuhan.

Terkait :  Kepulauan Raja Ampat Surga Wisata Terindah Dari Papua Barat

Banyak cara untuk menuju ke Trawangan. Jika Anda berangkat dari Bali, Anda bisa berangkat dari Pelabuhan Padangbai dan menyeberang dengan memakai fastboat. Lama waktu yang ditempuh hanya 1,5 jam. Fastboatjuga dapat dijumpai di Pelabuhan Benoa. Jika kapal ini dianggap mahal, Anda bisa naik kapal feri yang berangkat dari Pelabuhan Padangbai, menuju Pelabuhan Lembar, lalu masih harus transit ke Pelabuhan Bangsal.

Apabila jarak tempuh menuju Gili Trawangan dianggap terlalu jauh dan lama, maka percayalah bahwa untuk menuju tempat yang indah, memang membutuhkan perjuangan. Semua rasa lelah akan terbayar ketika kaki sudah menyentuh beningnya air laut dan mata terpaut pada ikan-ikan serta terumbu karang. Jangan lupa pula, udara segar sudah siap menyambut kedatangan Anda.

#. Akomodasi di Pulau Gili Trawangan Lombok

Kurang lengkap rasanya saat ingin berlibur ke Pulau Gili namun belum mengetahui penginapan tempat untuk beristirahat selama berada di kawasan tersebut. Lalu hotel manakah yang baik untuk menginap di Trawangan? dan berapa harga sewa per malamnya?

Untuk alasan itulah berikut ini akan kami lampirkan diantara beberapa hotel paling populer yang bagus dan merupakan hotel yang direkomendasikan oleh banyak pengunjung yang pernah berwisata ke Gili Trawangan, dan tentunya dapat dipesan secara online yang terjamin keamanannya. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi khawatir kehabisan tempat untuk menginap.

a. Vila Ombak Hotel

Beralamat di pinggir pantai sebelah tenggara Pulau Gili trawangan dengan GPS coordinates Latitude-8.357944732231843, Longitude 116.04104161262512. Lokasinya yang sangat strategis berdekatan dengan pusat kuliner tersedia fasilitas memadai seperti kolam renang yang lengkap.

Bagi mereka yang sering mengunjungi pulau ini pasti sudah hapal betul apa yang ada pada hotel berbintang 4 yang populer di kawasan Gili ini. Ya demikianlah Vila Ombak seperti yang gambarkan oleh para tamunya bahwa hotel ini pasti akan memberikan kepuasan bagi siapa saja yang menyewanya, dengan harga mulai dari Rp 950 Ribuan kita sudah dipastikan mendapat kamar yang ideal.

b. Kokomo Resort

Berada pada titik koordinat GPS S08° 21′ 30″ E116° 2′ 27 di pinggir pantai pulau Gili Trawangan yang sangat bersih. Bagi wisatawan yang mencari villa dengan suasana yang private yang dilengkapi kolam renang pribadi maka Kokomo Resort bisa jadi pilihan yang tepat.

Sangat cocok bagi mereka yang menginginkan suasana romantis seperti berbulan madu atau yang berlibur bersama dengan keluarga. Tarif yang ditawarkan untuk villa 1 kamar lengkap kolam renang pribadi adalah mulai IDR 2.750.00 sudah termasuk pajak dan makan pagi.

Selain dua hotel tersebut tentu masih banyak pilihan lainnya bisa dipilih yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti hotel dan penginapan murah yang menawarkan harga lebih rendah dan terjangkau. Informasi selengkapnya silahkan lihat: Daftar Hotel di Gili Trawangan Terbaik dan Termurah

Info Hotel Lainnya